Hai Sobat Logam!! Jumpa lagi dengan mimin, gimana guys kabar kalian hari ini? Semoga sobat logam semua tetap diberikan kesehatan dan rezeki yang melimpah ya guys. Amiin. Kali ini mimin akan membahas artikel sekilas mengenai Resin. Apa sih resin itu? Serta kegunaannya untuk apa saja?. Nah, yang ingin tahu lanjut baca ya!. Let’s go.

Resin merupakan suatu substansi yang umumnya berbentuk cair atau setengah padat dengan sifat yang kental atau keras mengering atau mengeras. Resin sendiri umumnya digunakan dalam berbagai industri dan aplikasi, termasuk perusahaan manufaktur, konstruksi, kriya, pengolahan makanan, kimia dan banyak lagi. Sifat dan jenis resin berbeda-beda ya guys, nih mimin kasih informasi mengenai jenis resin.

Berikut merupakan jenis-jenis resin yang umum digunakan:

Berikut merupakan jenis-jenis resin yang umum digunakan:

  1. Resin Epoksi

Resin epoksi adalah salah satu jenis resin yang sering digunakan dalam pengecoran. Resin epoksi memiliki sifat kuat, tahan terhadap suhu tinggi, dan memberikan kekakuan yang baik pada hasil coran. Resin epoksi juga memiliki daya tahan kimia yang baik, sehingga cocok untuk pengecoran yang melibatkan bahan kimia yang agresif.

  1. Resin Poliester

Resin poliester adalah jenis resin yang umum digunakan dalam pengecoran. Resin poliester memiliki sifat ringan, tahan terhadap cuaca, dan mudah dalam penggunaannya. Resin poliester juga tahan terhadap keausan dan memiliki ketahanan yang baik terhadap keretakan.

  1. Resin Akrilik

Resin akrilik digunakan dalam pengecoran untuk aplikasi yang membutuhkan kejernihan dan ketahanan terhadap sinar UV. Resin akrilik memberikan hasil coran yang transparan dan tahan terhadap perubahan warna akibat paparan sinar matahari.

  1. Resin Fenolik

Resin fenolik digunakan dalam pengecoran yang membutuhkan ketahanan terhadap suhu tinggi. Resin fenolik memiliki sifat tahan panas yang baik dan dapat digunakan dalam coran yang melibatkan suhu tinggi seperti coran logam.

  1. Resin Poliuretan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, resin poliuretan adalah jenis resin yang elastis dan tahan aus. Resin ini sering digunakan dalam pembuatan segel elastomerik, pelapis tahan aus, dan bagian-bagian mesin yang rentan terhadap keausan. Resin poliuretan juga umum digunakan dalam industri otomotif dan manufaktur umum.

Nah, bagi kami yang merupakan perusahaan pengecoran, umumnya menggunakan resin poliester. Resin ini digunakan untuk membantu proses produksi deckdrain. Nah, resin ini akan proses menjadi sesek sebelum digunakan. Jadi sebelum proses produksi dackdrain umumnya membuat sesek terlebih dahulu guys. Alasan mengapa harus menggunakan sesek pada pembuatan dackdrain, akan mimin up ke artikel selanjutnya ya!!

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

T : (0272) 551 480 P : 0813 9300 6025

E : marketing@putrasarilogam.com