Gaes, kali ini mimin mau ajak kalian belajar di pelabuhan. Kira – kira ada apa ya di pelabuhan ?

Pelabuhan atau dermaga merupakan tempat berlabuhnya sebuah kapal, baik kapal nelayan, kapal barang maupun kapal pesiar yang gedenya minta ampun heuheu

Nah, namanya juga kapal yang notabennya adalah benda mati dan pasti mudah terombang – ambing di lautan maka ketika berlabuh pun tentu perlu pengait ya gaes, agar tidak terbawa arus dan angin. Ada yang tau penambat tali kapal tersebut bernama apa ? Yups, bollard namanya. Bollard ini termasuk salah satu perangkat yang sangat penting di suatu konstruksi pelabuhan atau dermaga. Kenapa sangat penting ? (sama pentingnya kamu di hidupku, heu) Karena dia berfungsi sebagai alat penambat tali kapal saat berlabuh ataupun saat bongkar muat barang. Kata bollard sendiri berasal dari kata Boulard, nama asli Norman-French yang masih sering ditemui di daerah Normandy gaes.

Bollard sendiri biasanya terbuat dari bahan baja cor atau ferro casting. Dipasang atau ditaman pada pondasi dermaga agar keberadaanya tidak terlalu jauh dari kapal gaes, supaya tali pengaitnya pun tidak perlu terlalu panjang dan mengganggu jalan atau proses bongkar muat (kalian pasti ngga mau to kalau di ganggu juga) Bollard yang terpasang di dermaga bisa hanya ada satu bisa juga berjumlah lebih dari satu. Tergantung panjang dermaganya.

Lalu, bagaimana cara kerjanya ? Ketika kapal mendekat di pelabuhan atau merapat di dermaga maka tali di turunkan dan ditambatkan atau diikatkan pada bollard agar kapal tidak terombang ambing atau terbawa arus atau angin pada saat proses bongkar muat barang atau pengisian bahan bakar.

Bollard pun punya banyak macam jenisnya gaes, biasanya di kelompokan sesuai dengan kapasitas bollard itu sendiri. Mulai dari yang namanya Bit Bollard atau biasa disebut Straight Bollard yang berkapasitas 10 – 100 Ton. Lalu, ada yang namanya Tee Bollard atau yang bentuknya menyerupai jamur yang mempunyai kapasitas 20 – 200 Ton dan terakhir ada Curve Bollard atau Harbour Bollard yang bentuknya menyerupai cocor bebek dan mempunyai kapasitas 10 – 150 Ton.

Sekilas saja ya pengertian dan fungsi dari bollard di dermaga atau pelabuhan gaes. Di Putra Sari Logam juga memproduksi Bollard dermaga nih gaes. Karena ini merupakan salah satu varian produk cor baja terbaik. Bahan yang digunakan masih sama seputar ferro casting. Namun, mengenai desain dan harganya kalian bisa konsultasikan langsung di Call Centernya Putra Sari Logam. Dengan pelayanan yang lebih untuk Anda kami siap melayani segala kebutuhan barang berbahan dasar baja cor yang berkualitas tinggi.