Hallo guys. Ketemu lagi nih dengan aku kali ini aku akan membuat artikel tentang meriam untuk yogyakarta. Nah, jika kalian belum tau dimana tempatnya dan apa itu meriam kalian harus baca artikel dari aku ya guys.

Museum sonobudoyo atau dalam bahasa Jawa dikenal juga dengan nama Sanabudaya merupakan museum yang berisi sejarah dan kebudayaan Jawa. Arti nama Sonobudoyo berasal dari kata Sono yang berarti Tempat dan Budoyo yang berarti Budaya. Koleksinya mengenai budaya dan sejarah Jawa dianggap paling lengkap setelah Museum Nasional Republik Indonesia di Jakarta.

Selain itu, keramik pada zaman neolitik dan patung perunggu dari abad ke-8, museum ini juga menyimpan beberapa macam bentuk wayang kulit, dan berbagai senjata kuno. Seperti keris dan topeng jawa. Museum ini terbagi menjadi dua unit. Letak unit I museum ini adalah di Jalan Trikora no. 6 Yogyakarta yang berseberangan dengan Alun- Alun Utara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Sedangkan Unit II museum berlokasi di ndalem Condrokiranan, Wijilan, sebelah timur Alun- Alun Utara Keraton. Bangunan yang berbentuk rumah tradisional  beraksi tekstur Jawa yang dirancang oleh Ir. Th. Karsten seluas 7, 867 meter persegi dari tahun 1934- 1935. Gaya khas jawa terlihat dari pemisahan halaman luar dan dalam dengan tembok atau cepuri yang dihias dengan gambar kuncup bunga melati dan bentuk semar tinandu pada gerbang utama.

Bangunan museum dibagian pendopo berbentuk limas dengan atap tumpang sari tingkat dua, yang berfungsi untuk menerima tamu. Dua buah meriam ditempatkan di sebelah timur dan barat pendopo yang berasal dari Masa Sri Sultan hamengku Buwono III. Selain itu, dihalaman juga terdapat Arca Dewi Laksmi, Arca Mahakala, dan Makara, juga seperangkat gamelan di bagian dalam pendopo.

Dengan berkembangnya zaman kini pemerintah kota yogjakarta membangun dan merehab ulang pinggiran tata jalan akan menambahkannya fasilitas meriam yang ditempatkan di sisi jalan kanan kiri pintu masuk jalan Trikora no. 6 Yogyakarta. Meriam dibuat dengan desain yang sama dengan meriam yang ada di pintu gerbang musem sonobudoyo. Meriam dihiasi dengan lurik dan tulisan aksara jawa yang menjadikan meriam ini terlihat lebih klasik dan keren.

Oleh sebab itu, pemerintah kota jogja menjalin kerjasama dengan putra sari logam dalam pembuatan meriam. Dengan adanya meriam ini pemerintah kota jogja berharap agar masyarakat jogja bisa menjaga dan merawat museum sonobudoyo dengan baik.

Jadi, buat kalian nggak usah khawatir guys. Jika kalian berminat dan ingin memesan meriam atau peninggalan- peninggalan sejarah lainnya kalian bisa hubungi nomer dibawah ini atau kunjungi wabsite dan email dari putra sari logam.

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

T : (0272) 551480 P : 0813 9300 6025

E : marketing@putrasarilogam.com