Sistem pengairan irigasi telah menjadi salah satu cara untuk mengairi lahan pertanian. Jika persediaan air melimpah karena tempat yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi akan dilakukan dengan mengalirkan air tersebut ke lahan pertanian. Pintu air irigasi dibutuhkan untuk mengatur debit air yang keluar dari bendungan dan yang menuju kelahan pertanian. Karena, melalui proses gravitasi, tanah yang tinggi akan mendapatkan air lebih dahulu.

Dari banyaknya yang harus dikeluarkan, maka perlu adanya upaya pengaturan dan peningkatan daya guna air dalam kehidupan. Pintu irigasi digunakan untuk menyadap dan mengontrol air yang akan dialirkan ke saluran irigasi memalui kantong lumpur. Bagian ini juga dilengkapi dengan pintu yang bisa dibuka tutup, sehingga besar kecilnya air yang disadap dapat dikontrol dengan baik.

Ups. Sebelum kita bahas lebih lanjut aku kasih tau dulu guys apa itu irigasi?.

Irigasi merupakan upaya yang dilakukan manusia untuk mengairi lahan pertaniannya. Di zaman yang sudah berkembang saat ini banyak model irigasi yang dapat dilakukan manusia. Pada zaman dahulu jika persediaan air melimpah karena tempat yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi dilakukan dengan mangalirkan air tersebut ke lahan pertanian. Namun, demikian irigasi juga biasa dilakukan dengan membawa air dengan menggunakan wadah kemudian menuangkan pada tanaman satu-persatu.

Bangunan irigasi yang berada di sekitar lahan pertanian sebagian besar yang digunakan untuk mengalirkan air yang diperlukan irigasi, juga di peruntukkan untuk mengendalikan erosi di sepanjang saluran. Selain itu pintu irigasi juga bisa untuk menahan banjir jika terlalu deras air yang mengalir dan untuk mengontrol aliran air di reservoir sungai dan pada sistem tanggul.

Pintu air irigasi terbuat dari ferro casting (baja coran) padat full atau ferro casting padat kombinasi kuningan pada bagian- bagian tertentu. Sehingga pintu air dijamin kuat, awet dan presisi dengan jaminan uji QC (Quality Control). Untuk bentuk pintu air irigasi bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan lapangan/ lokasi.

Putra sari logam menyediakan beberapa produk proyek seperti tata taman kota, peningkatan keindahan kantor, institusi pendidikan, dan area publik lainnya. Selain itu putra sari logam juga melayani pembuatan pintu air irigasi dengan berbagai rancangan.

Jadi, buat kalian yang berminat dan ingin memesan pintu air irigasi untuk pesawahan atau untuk bendungan kolam bisa banget guys. Silahkan kalian bisa langsung hubungi nomer dibawah ini atau kunjungi wabsite dan email dari putra sari logam yang terjamin berkualitas dan kekokohannya.

CONTACT

Batur Baru, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465

T : (0272) 551480 P : 0813 9300 6025

E : marketing@putrasarilogam.com